Manfaat Minyak Lintah Menurut Kedokteran

Manfaat Minyak Lintah Menurut Kedokteran

Sudah bukan rahasia lagi, minyak lintah hitam papua selalu dijadikan sebagai obat alternative untuk masalah seksualitas baik pria maupun wanita. Sering kali banyak dijumpai iklan – iklan dalam majalah, surat kabar, pamflet selebaran, maupun media sosial mengenai manfaat dan penjualan produk ini. Lantas, bagaimana pandangan mengenai manfaat minyak lintah menurut kedokteran?

Di dunia medis segala sesuatu bisa dibuktikan secara ilmiah, semua harus jelas sehingga dalam memberi pengobatan segala macam resiko dan efeknya bisa diketahui secara dini agar tidak membahayakan. Begitu juga dengan minyak lintah ini. Tentu saja karena fenomena mengenai khasiat dahsyatnya, banyak peneliti bidang kesehatan yang tertarik untuk mengulik hewan pacet yang dipakai sebagai bahan dasar minyak lintah ini.

Kandungan dan Manfaat Minyak Lintah Menurut Kedokteran

Sampai sekarang penelitian mengenai lintah sebagai pengobatan vitalitas memang masih belum mencapai hasil kesimpulan. Akan tetapi efek positif yang didapatkan setelah menggunakannya memang benar adanya. Bahkan beberapa dokter dan peneliti Jerman mengungkapkan bahwa lintah memang mengandung enzim yang bisa membantu dalam mengatasi kesehatan manusia.

Apa saja enzim dan kandungan yang terdapat dalam minyak lintah? Berikut ini penjelasannya!

1. Hyaluronidase

Merupakan enzim yang bisa bekerja pada tingkat pH asam atau netral. Selain di dalam lintah, enzim ini ditemukan pada sengat lebah, kalajengking, dan bisa ular. Dalam medis, zat hyaluronidase dipergunakan untuk proses penyebaran antibiotik dan zat anastesi serta pengobatan dalam kanker. Aktifitas enzim ini mampu mengendalikan pergerakan sel, dari membatasi, menggerakkan, hingga mematikan.

Baca juga:  Kegunaan Minyak Lintah Hitam Papua Asli

2. Tryptase Inhibitor

Adalah jenis protein yang berfungsi sebagai zat pembangun. Biasanya dalam kesehatan sering difungsikan sebagai agen anti inflamasi. Jadi, zat ini mampu membantu dalam mengatasi masalah imunitas.

3. Factor Xa Inhibitor

Merupakan zat yang termasuk dalam obat antikoagulan tanpa memakai antitrombin sebagai jembatan atau mediator. Pemberian Xa Inhibitor langsung bisa melawan heparin saat seseorang sedang mengalami operasi anggota gerak seperti kaki, lutut, dan tangan.

4. Complement Inhibitor

Zat ini berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh manusia. Akan tetapi pada dasarnya zat ini akan bekerja dan aktif ketika terkoneksi dengan beberapa penyakit. Complement Inhibitor terdiri dari banyak jenis protein, misalnya protein membrane yang berfungsi sebagai reseptor.

5. Acetylcholineterase

Merupakan enzim pokok yang mendukung metabolism hidrolitik menjadi kolin dan asetat. Enzim ini disekresi oleh otot – otot tubuh dan bersenyawa dengan kolagen. Kadar enzim ini di dalam tubuh harus seimbang dan pas, jika tidak dalam jumlah yang cukup maka bisa menyebabkan hilang ingatan dan melemahnya transmisi saraf.

6. Hirudin

Merupakan zat yang dapat mengencerkan darah dan memperlancar peredarannya ke seluruh tubuh. Sumbatan – sumbatan dalam saluran darah bisa hancur sehingga aliran darah normal kembali, zat ini juga bekerja mencegah pembekuan darah terjadi.

7. Histamine

Tak hanya terkandung dalam lintah, sebenarnya zat ini aktif diproduksi secara mandiri oleh tubuh manusia, terutama saat tubuh terjangkit alergi atau infeksi. Histamine merupakan senyawa amina nabati atau bioamina. Zat ini bereaksi sebagai neurotransmitter dan memiliki peran utama dalam sistem pertahanan terhadap peradangan atau inflamasi.

Baca Juga: Cara Pakai Minyak Lintah Sangat Mudah, Ini Tipsnya!

8. Nitric Oxide

Merupakan molekul yang paling penting dalam kesehatan pembuluh darah. Memilik fungsi sebagai vasodilator, artinya ia memiliki peran dalam pelemasan otot yang bisa melebarkan pembuluh darah. Zat ini juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, menurut medis orang dengan hipertensi atau darah tinggi mempunyai gangguan fungsi oksida nitrat pada tubuh mereka.

Baca juga:  Manfaat Obat Lintah Hitam Papua

9. Thrombine

Zat ini memiliki peran dalam mekanisme pembekuan darah. Thrombine akan mengubah fibrinogen menjadi fibrin. Apabila trombosit atau sel darah merah pecah, maka secara ototmatis ia akan mengeluarkan trombokinase. Dengan bantuan Vitamin K, trombokinase akan berubah menjadi protrombin. Lalu, ion kalsium akan membantu protrombin berubah menjadi thrombin. Thrombin inilah yang berubah menjadi fibrin.

Pembekuan darah disini bukan diartikan sebagai pembekuan darah organ atau penggumpalan darah yang membahayakan, tetapi pembekuan darah saat terjadi luka.

10. Anti Kolagen

Zat ini sangat berguna dan banyak terkandung dalam kosmetik wanita. Kolagen mampu mencerahkan kulit sekaligus memudarkan flek – flek hitam akibat buruknya paparan sinar ultraviolet matahari.

Manfaat Minyak Lintah Menurut Kedokteran

Ragam Manfaat Minyak Lintah Menurut Kedokteran

Dari banyaknya zat yang ada di dalam enzim yang berasal dari lintah ini, sudah jelas bahwa minyak lintah hitam papua memiliki khasiat besar. Meskipun manfaat minyak lintah menurut kedokteran, tetapi sudah terbukti mengatasi hal – hal berikut ini:

1. Ejakulasi Dini

Dengan mengoleskan minyak ini secara teratur pada alat vital pria sesuai dengan cara dan takaran yang benar maka ejakulasi dini bisa teratasi dengan cepat. Kepercayaan diri pria akan bertambah dan hubungan seksual dapat berlangsung lebih lama.

Baca juga: 7 Khasiat Minyak Lintah Papua Pria Wajib Tau!

2. Payudara Kecil

Sudah banyak wanita yang membuktikan manfaat minyak lintah hitam papua untuk memperindah serta memperbesar payudara mereka. Memiliki ukuran payudara di bawah rata – rata bisa membuat wanita menjadi rendah diri dan tidak bebas memakai pakaian yang longgar. Dengan melakukan perawatan payudara menggunakan minyak lintah ini, Anda bisa mendapatkan besar payudara yang diinginkan.

Baca juga:  10 Khasiat Minyak Lintah dan Sejarahnya

3. Luka

Terkadang sangat menjengkelkan memiliki luka pada kulit tangan, kaki, atau wajah. Luka bisa membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Minyak lintah akan membantu Anda segera menyembuhkan dan mengeringkan luka, bahkan bekasnya bisa memudar. Luka akibat kecelakaan, gatal, koreng, atau penyakit kulit lain bisa dengan mudah diatasi.

4. Jerawat

Jerawat sering tiba – tiba muncul di wajah. Selain menyakitkan, jerawat di wajah membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Olesan minyak lintah nyatanya mampu membuat jerawat segera mengempes atau mengering lebih cepat.